Selasa, 28 April 2015



EDMODO

1.             Sejarah dan Pengertian Edmodo
Edmodo didirikan pada tahun 2008 oleh Nicolas Brog dan Jeff O‟Hara. Edmodo adalah sebuah platform Microblogging yang secara khusus dikembangkan dan dirancang untuk digunakan oleh guru dan siswa dalam suatu ruang kelas. Edmodo menyediakan cara yang aman dan mudah untuk berkomunikasi dan berkolaborasi antara siswa dan guru, berbagi konten berupa teks, gambar, links, video, maupun audio.
Edmodo bertujuan untuk membantu  pendidik memanfaatkan fasilitas social networking sesuai dengan kondisi pembelajaran di dalam kelas. Edmodo adalah layanan gratis yang memungkinkan guru dapat menciptakan dan memelihara komunitas kelas mereka sendiri dengan aman. Edmodo digunakan untuk berbagi konten pendidikan, mengelola proyek dan tugas, menangani pemberitahuan setiap aktifitas, melakukan kuis dan acara, dan memfasilitasi secara penuh terhadap keterlibatan pengalaman  belajar antar siswa di kelas juga siswa lainnya dalam jaringan belajar professional. Menurut Pitoy (2012), menyatakan bahwa Edmodo merupakan sebuah platform sosial network bagi guru dan siswa untuk berbagi ide, file, agenda kegiatan dan penugasan.
Edmodo dirancang untuk menciptakan interaksi guru dan siswa yang menekankan pada komunikasi yang cepat, poling, penugasan, berbagi ide, dan banyak hal lagi. Sebagai pendidik, Edmodo memberikan fitur untuk berbagi file, link, tugas, nilai serta peringatan secara langsung kepada siswa. Sedangkan sebagai siswa, fitur yang diberikan adalah mereka dapat berkomunikasi dengan gurunya secara langsung, berdiskusi dengan siswa lain, mengirimkan tugas secara langsung dan banyak lagi. Menurut Jenna Zwang (2010) dalam artikelnya yang berjudul Edmodo: A Free, Secure Social Networking Site For School, menyatakan bahwa Edmodo adalah sebuah situs  pendidikan berbasis social networkingyang di dalamnya terdapat berbagai konten untuk  pendidikan. Guru dapat memposting bahan-bahan pembelajaran, berbagi link dan video, penugasan proyek, dan pemberitahuan nilai siswa secara langsung.
Selain itu juga Edmodo dapat menyimpan dan berbagi semua konten digital termasuk blog, link, gambar, video, dokumen, dan presentasi. Menurut Frank Gruber (2008) dalam artikelnya yang berjudul Edmodo: Microblogging  for Education, Edmodo memberikan kemudahan bagi user untuk membuat grup dah berbagi file, links, video (embed video) dan gambar dilengkapidengan peringatan (alert), penugasan (assignment) dan agenda kegiatan (event).
Maka dapat disimpulkan bahwa Edmodo adalah sebuah platform web dengan menggunakan konsep social networking berbasis Microblogging yang dikhususkan untuk membangun lingkungan belajar online yang aman untuk berbagi data, informasi serta konten-konten pendidikan baik berupa tulisan,dokumen, video, audio, foto, kalender, link yang dapat dibagikan baik oleh guru maupun siswa danjuga konten khusus berupa nilai, kuis, acara kegiatan, penugasan dan poling yang hanya dapat dibagikan oleh guru.
2.             Fitur-fitur yang terdapat di edmodo
Edmodo memiliki fitur yang dikhususkan untuk mendukung kegiatan pembelajaran. Edmodo mengklasifikasikan fiturnya berdasarkan pengguna yaitu guru dan siswa. Dibawah ini adalah fitur yang ada pada Edmodo.
a.    Assignment
Assignment digunakan oleh guru untuk memberikan penugasan kepada siswa secara online. Fitur ini dilengkapi dengan waktu deadline danfitur attach file sehingga siswa dapat mengirimkan tugas dalam bentuk file secara langsung kepada guru. selain itu, kiriman Assignment juga terdapat tombol “Turn in” yang menandakan bahwa siswa telah menyelesaikan tugas mereka.Guru dapat secara langsung memberikan penilaian terhadap hasil tugas yang telah dikerjakan siswa. Skor yang diberikan secara otomatis akan tersimpan dalam fitur gradbook. 
b.    File and Links
Pada fitur ini guru dan siswa dapat mengirimkan pesan dengan melampirkan file dan link  pada grup kelas, siswa atau guru lainnya. File yang dilampirkan berlaku untuk semua jenis ekstensi seperti .doc, .pdf, .ppt, .xls, dll.
c.    Quiz
Quiz digunakan untuk memberikan evaluasi secara online baik berupa pilihan ganda, isian singkat, maupun soal uraian. Quiz hanya dapat dibuat oleh guru, sedangkan siswa hanya mengerjakannya saja. Fitur ini dilengkapi dengan batas waktu pengerjaan, informasi tentang kuis yangakan dibuat, judul kuis dan tampilan kuis. Perhitungan skor pada setiap butir soal quiz dilakukan secara otomatis untuk jenis pertanyaan pilihan ganda dan isian singkat, sedangkan untuk penskoran soal uraian harus diperiksa oleh guru terlebih dahulu.

Sumber:http://www.academia.edu/7176523/Makalah_EDMODO_MAKALAH_EDMODO_Disusun_Oleh_Yesi_Syofiarni_RPL_B

Pengalaman Menggunakan Edmodo

Hari ini yaitu hari selasa tepat tanggal 28 April 2015 di Akademi Kebidanan Bina Husada. Saya dan teman-teman sekelas saya diperkenalkan suatu platform blogging seperti untuk chat sama dengan yang lainnya. Edmodo ini berbeda dengan yang lain karena tampilannya yang menarik, dapat juga dibuat grup oleh dosen sehingga belajarnya tidak hanya face to face dalam kelas tetapi juga dapat menggunakan internet yang tentunya membuat mahasiswa tertarik. Di kalangan mahasiswa, belajar yang seperti biasa dikelas hanya membosankan namun ini tidak yaitu belajar menggunakan koneksi internet. Kita dapat diberikan quiz oleh dosen dan menjawabnya secepat dan setepat mungkin sehingga membuat kita untuk berlomba-lomba menjawabnya. Semoga edmodo ini dapat memberikan inspirasi untuk generasi masa depan (mahasiswa) untuk menciptakan aplikasi-aplikasi lainnya yang dapat digunakan oleh banyak orang dan berguna untuk memajukan tingkat pendidikan di Indonesia. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar